Naskah Drama: “Jaka Kendhil Mencari Cinta”

Posted: 25 September 2008 in Naskah

[Keterangan: Naskah telah dipentaskan]

Pimpinan Produksi : Heru Subrata, Drs., M.Si.

Sutradara : Yuneva Dwi P

Penata Gerak :1. Luluk Iswati

2. Yuneva Dwi P

3. Frida Devita Sari

Penata Musik :1. Moch Chabib Dwi K

2. Hendro Priyo

Penata Ruang :1. Rini Susdamayanti

2. Moch Chabib

3. Rini Susdamayanti

Tata Busana :1. Aprini Dwi L

2. Ika Yuniarti

3. Lia Alfiyah

Pemain :

Moch Chabib Dwi K….Joko Kendil

Ika Yuniarti…. Mbok Indun( Ibu Joko Kendil )

Wiwik Nita,,,, Jana Loka (adik joko kendil )

Rini Susdamayanti….Bupati

Aprini Dwi L….Pramudia Wardani ( P. Bupati )

Lia Alfiyah….Pramudia Wardana (P. Bupati )

Dian Dwi M….Cantrik

Luluk Iswati….Mpok Jum

Windy Kristiani….Mpok Rah

Frida Devita S….Tukang Say

Hendro Priyo….Krisna Mukti Radadi dadi

Devi Wulan….Joko Pamungkase Gede

Yuneva dwi P….Dayang-dayang

Frida Devita Sari…. Dayang-dayang

Luluk Iswati…. Dayang-dayang

KONSEP PENYUTRADARAAN

KARAKTER

Joko Kendil ® Sabar, Pemalu , culun, Pasrah

Mbok Hindun ® Sabar, Pengertian, Penyayang

Janaloka ® Cerewet, Judes Tapi Baik hati, rajin

Mpok Jum ® Genit, Judes, usil

Mpok Rah ® Genit, Judes, cerewet

Tukang sayur ® Genit tapi baik hati

Krisna Mukti Radadi dadi ® Sombong, Pede

Joko Pamungkase Gede ®Sombong, Pede, usil

Bupati ® Berwibawa, Bijaksana

Cantrik ® Centil, Bertanggung Jawab

Pramudia Wardhani ®Centil, cerewt

Pramudia Wardhana ® Lembut tapi cerewet

ALUR CERITA ® Alur Maju]\

Latar Belakang/ Setting :

Babak I ® Beranda Rumah

Babak II ® Pertigaan desa

Babak III ® Balai Bupati

MUSIK PENGIRING :

  • Kicau Burung
  • Mendem Wedokan
  • Yakin ( intro )
  • Jangan Bilang Siapa siapa ( Intro )
  • Bulan ( Intro )
  • Mendem Wedokan (Intro )
  • Langen Tayub
  • Pejantan Tangguh
  • Sedang ingin bercinta
  • Tak bisakah
  • Jika aku Pilihan hatimu

SINOPSIS CERITA

Jaka Kendil mencari Cinta

Alkisah di sebuahy desa hiduplah seorang janda yang mempunyai seorang putrid yang mempunyai nama janaloka dan putranya bernamaq Tom Cruise. Konon Tom Cruise

Belum Juga menikah meskipun Usianya sudah mencapai 1/4 abad. Bukannya “ tidak laku” tetapi tidak ada yang mau. Tom Crise terkenal dengan keburukan wajahnya sehingga dia menjadi bahan tertawwaan warga desa. Dan warga desa menjulukinya dengan panggilan Joko Kendil.

Joko kendil tinggal di sebuah desa yang di pimpin oleh seorang bupati yang mempunyai 2 orang putrid yang beranjak dewasa dan belum juga menikah. Karena kebijaksanan bupati nmaka beliau mengadakan sayaembara mencari pasangan untuk kedua orang putrinya. Sayembara ini berlaku untuk semua warga desa mulai dari kaum bangsawan sampai rakyat jelata. Maka berbondong bondonglah semua warga desa mengikuti sayembara itu. Termasuk joko kendil tetapi pada akhirnya joko kendil todak mendapatkan salah satupun dari kedua putrid bupati. Joko kendil….. Joko Kendil…… Malang benar nasibmu.

Joko Kendil Mencari cinta

Alkisah di sebuah perumahan Kentrung hiduplah seorang janda dan putranya yang bernama “Tom Cruise “. Sampai usia 1/4 abad Tom Cruise belumjuga menikah. Bukannya “ tidak laku “ tetapi tidak afa yang mau. karena Tom Cruise terkenal akan keburukan rupanya , sehingga dinobatkan menjadi laki laki terjelek se desa Kentrung karena itu orang menjulukinya denagn panggilan Joko Kendil.

Babak I

(Kicauan burung )

Joko Kendil : ( jalan sambil membawa sangkar burung kesayangannya )

Janaloka : ( menyapu sambil berdendang lagu jawa )

Joko kendil : kapan aku menikah ? bias merasakan surga dunia, hi….hi…..( tertawa ) ah……..indahnya

Janaloka : Ada apa tho mas dari tadi kok ngomong sendiri kayak orang gila.

Joko kendil : Apa she kamu kecil kecil ikut saja.

Janaloka : Biarin

Jaka Kendil : ( mengerutu )

Mbok : ( berteriak teriak di belakng ) le cah bagus kamu di mana. Walah

Ini lho kayunya sudah habis

Janaloka : itu lho di panggil simbok

Joko Kendil : (diam saja sambil melamun )

Mbok : oalah le…le di sini tho kamu di sini to, dicari-cari dari tadi diam saja. Mbok kalau dipanggil tu nyaut biar simbok gak bingung ( kesal )

Janaloka : Ya Mbok dari tadi ngomong sendiri

Mbok : Sudah….. sudah……..kamu ke belakng saja cucian masih banyak.

Janaloka : tapi ini belum selesai.

Mbok : ya gak apa apa, tinggalin saja.

Joko Kendil ; Ada apa to mbok. Kok teriak teriak kayak orang kesurupan, ganggu orang saja ( kecewa )

Mbok : Kayu di belakang itu lo dah habis semua, cepetan kamu cari kayu sana jangan kerjanya Cuma melamun orang kok gak kreatif.

Joko Kendil : (ngrayu dan sedikit manja ) mbok…..mbok….kapan yaaku punya istri? Yang bias mijitin aku, bias Bantu simbok. Mbok aaku pengen kawin, udah gak tahan, hi….hi….

Musik ( mendem wedokan )

Joko Kendil : Tapi dasar nasib, aku sudah berusaha ikut kontak jodoh, katakana cinta, sampe ikut pemilihan cover boy, tapi….ah mbok tahu sendiri sapa juga yang mau sama aku. Duh gusti, apa salahku ini?

Mbok : Sudahlah sabar dulu to le…..nanti kalu sudah waktunya kamu pasti menikah. Tuhan itu maha adil.

Joko Kendil : Ya, tapi sampai kapan ? sampai kiamat!

Mbok : Ya sabar, sabar itu di sayang tuhan. Sudah cepet sana berangkat. Nanti keburu siang !

Joko Kendil : ya, mbok aku tak beramngkat dulu.

Mbok : he’ hati hati di jlan ( berjlan keluar panggung )

Joko Kendil : Ku lari ke hutan, kemudian teriakku, huah. Ka….yu…

Musik ( Yakin)

Babak II

Musik Jangan Bilang Siapa siapa

Pagi hari di pertigaan desa kentrung, detik demi detik, menit demi menit hari berganti hari. Joko Kendil belum mendaptkan jodoh, warga kampung pun kerap mempergunjingkannya. “ Dasar tante tante usil “

Mpok Jum : Jam segini kok tukang sayurnya belum datang ya ?

Mpok Rah : he’ e biasanya udah datang pasti ini tukang sayurnya telat.

Mpok Jum : eh, Jeng ada gosi baru lho. Tahu gak anak nya mpok indun yang rumahnya dekat kuburan itu lho jeng. Yang namanya dil…dil.. gitu.

Mpok Rah : Dilo, dila, dilon..sapa to jeng.

Mpok Jum : itu lho masak ga tahu, siapa namanya (mikir) oh..ya joko kendil. Masak umur sudah 1/4 abad kok ya belum menikah nikah juga. Apa anunya tidak karaten ya jeng.

Mpok Rah : Oalah, itu ta, pantesan gak laku lja wong wajahnya aja kayak pasien Face…of, yang ada di tipi..tip. sapa juga gadis yang mau ama dia. Idah jelek miskin lagi.

(Sambil terus ngerumpi kemudian tukang sayur datang )

Tukang Sayur : Sayur…sayur..tahu tempe kangkung kol kubis wortel kacang panjang tumere jahe tumbar miri jahe semuanya ada disini. Sayur bu masih seger seger lho buk seseger orangnya.

Mpok Rah : Yu, kacang panjangnya ada?

Tukang Sayur : Oh ya jelas ada panjang panjang lagi

Mpok Rah : Gini kok panjang ( sambil memegang kacang ) masih panjangan punyanya suami saya (tersenyum)

Mpok Jum :ah. Jeng ini bisa saja eh…jeng kira kira punya joko kendil masih orsinil ga ( tersenyum genit )

Tukang sayur : Walah pagi pagi kok sudah ngomong jorok pasti kemarin abis, ho’o…ho’. Dasar tante tante tukang rumpi.

Mpok Jum :Hus kecil-kecil….!

Mpok Rah : eh..eh itu mboknya datang.

( Mbok datang menghampiri tukngan sayur bersama janaloka )

Mbok : Yu, Jengkolnya ada ?

Mpok Jum : ( sambil berbisik ) maklum makannya aja jengkol pantesan saja mukanya kayak jengkol

Mpok rah :Eh mpok ya sekali kali anaknya dikasih makan ikan biar wajahnya cakep dikit, biar cepet laku.

Janaloka :kalo ngomong diatur.

Mbok : ( diam sambil memilih sayur )

Tukang sayur : Dah jangan di dengerin Mpok , eh tante jadi beli nggak dari tadi ngrumpi melulu.

Mpok Jum : ( Kesal ) ya ya jadi beli.

Mbok : da yu semuanya berapa ?

Tukang sayur :Semunya abis 5555 rupiah.

Mbok : ( sambil menyerahkan uang ) mari bu

Mpok Jum & Rah: oh ya…ya ( kaget )

Musik ( jangan bilang siapa siapa )

Babak III

Ke esokan harinyasemua warga berkumpul di taman kot.

Musik ( Bulan )

Mbok : ( Lari, sambil menarik narik joko kendil )

Joko Kendil : ( kesal )

Janaloka : Mbok ikut.

Mbok : Ayo cepat.

Joko Kendil : Ada apa to mbok aku di tarik tarik kayak sapi saja.

Mbok : Ada Woro woro

Joko Kendil : Woro-woro Mbok ?

Warga desa berbondong bondong datang. Ke balai kota.

Musik (Intro jawa )

Cantrik : ( sambil memukul kentongan ) tok…tok..tok…

Warga Desa : Ada apa, ada pengumuman penting. Apa bupati cari mantu-walh ya tha.

Cantrik : Bapak ibu saudara/I paklek bulik mbah kangkung mbah uti adik kakak. Woro-woro “ bagi jejaka jejaka yang masih single ada kabar genbira buat kalian. Bupati cari mantu langsung 2 ekor putrinya, eh salah 2 orang putrinya. Dengan syarat sebagai berikut. 1. jejaka tulen, 2. pejantan tangguh 3. usia belum mencapai 1/2 abad 4. berdomisili di desa kentrung 5. membayar biaya pendaftaran sebesar 5….rupiah dan 6. pendaftaran paling akhir 1/2 jam lagi.

Warga Desa : Ayo daftar.

( warga pergi meningkalkan balai kota )

K. Mukti radadi : Eh jo ( menghardik ) kamu juga ikut sayembara ini gak ?

Joko Kendil : ( Takut ) ya emangnya kenapa.

Joko P Gede : Ha…ha…kamu …ikut …gak salah? Nyalimu gede juga !

Joko Kendil : Lho bukannya semua boleh ikut. Apa aku salah.

K Mukti & Joko P Gede : Ya salah

Krisna Mukti R : Tau gak sayembara ini berlaku untuk yang mempunyai wajah ganteng dan kaya kayak aku gitu log’s

Joko P Gede : Wajah kayak kamu belum ikut audisi sudah di eliminasi ha….ha…

Joko Kendil : tapi…tapi aku khan gak ganggu kalian kok. Bagaimana? Kalau kita bersaing secara sehat! Mau nggak?

K Mukti R & Joko P Gede : He…he sapa takut

Musik Laskar cinta

(Musik Intro Jawa)

Hari yang di nanti pun tiba

( Di taman Kota )

Bupati : ( Mondar-mandir ) ajudanku apa semua sudah siap.

Cantrik : Siap buk tinggal teng aja.

Bupati : Bagus bagus memang kalian sudah bisa diandalkan. Aku nggak mau kalu sampe nanti gatot. Gagal total. Putriku apa kalian sudah oche.

P. Wardhani : Wah udah gak sabar ni Mom

P. Wardana : Cepetan dimulai dong Mom.

P. Wardhani : Kira kira cowok yang jadi pendampingku kayak apa ya? Aku pingin yang tinggi, putih( senyum-senyum). Pokoke jelek2 gak papa ya seukuran Brad Pitt Gitu dech.

P. Wardhana : Kalau aku penegen yang tinggi, agak item, tapi agak putih ya kayak anjasmara.

P. Wardhani : Hi dah nggak sabar nich.

P. Wardahana : Ayo dong mi. cepet di mulai.

Bupati : Ayo ajudan cepetan dimulai.

Cantrik : Tenk..tenk.. 1,2,..3… mulai

(Musik intro jawa di iringi tarian )

Akhirnya sayembara pun di mulai.

Cantrik : Kita tampilnya peserta dari kota dingin kentung, ia adalah putra dari Pak lurah kentrung. Dia mempunyai kebun seluas 4 hektar. Inilah Krisna Mukti Radadi-dadi.

Krisna Mukti : ( bergaya di iringi musik pejantan tangguh )

Cantrik : Peserta ke 2 ini, sudah tidak asing lagi, dalam dunia tahu. Dia adalah putra dari p[engusaha tahu terkaya di kotanya inilah Joko Pamungkase Gede. ( di iringi lagu Sedang Ingin bercinta )

Cantrik : Dan ini peserta terakhir kita. Dia tidak kalah dengan yang lainnya, dia memiliki wajah terjelaek se desa kentrung kita sambut. Joko Kendil.

( di iringi musik Tak bisakah )

Warga Desa : Hu…hu…hu…

P. Wardhani : Siapa tu jelek banget, eh ajudan knapa orang gila kamu suruh masuk ke sini ?

P. Wardhana : dah gitu kucel lagi. Mi ajudannya lho gak pecus.

Bupati : Sudah sudah

Cantrik : Maap saya memang slah, saya bener bener gak tau.

Pengumuman pun tiba.

Cantrik : Setelah menimbang, melihat,d an memilih akhirnya dituruskan untuk putrid 1. jatuh pada Krisna mukti radadi dadi, dan untuk putrid ke 2 jatuh pada. Joko……joko…. Panungase Gede.

Joko P Gede : Kegirangan.

Cantrik : dan Joko Kendil mendapat ucapan terima kasih. Dan akhirnya sayembara pun di tutup.

Bupati : terima kasishwargaku

(Musik aku bukan pilihan)

Putri dan putra : (Berdansa dan meninggalkan joko & Kendil Sendirian )

Joko Kendil : Nasib….nasib…duh Gusti apa salahku ? inilah cinta deritanya tiada pernah berakhir.

Selesai

About these ads
Komentar
  1. Dhiela mengatakan:

    buagusss cRita.x

    • MbahBrata mengatakan:

      Makasih cucuku…
      yang bagus apax sih…?
      hayooo….coba dianalisis donk…
      siapa tahu kelak cucuku bisa jadi kritikus drama…
      OK?

    • Latifah Zaenal mengatakan:

      MakaSi,,,,,
      DeNgan adNyha JOGLO MBAH BRATA ini saya ,,,,,
      bisa Mengcopy,,,, naskah drama Mbah Brata Ini yaNg bwaGus Ini ,,,,,
      Dan menampilKanNya Di paNggUng,,,,,
      ^_^

    • Moh. Zuhri mengatakan:

      ijin naskah drama panjenengan saya sadur (Kemungkinan,saya sesuaikan dengan sikon) untuk acara ahirusanah (rencananya) di MTs. Tarbiyatus Shibyan Wotan Panceng Gresik Jatim. Atas izinya saya ucapkan terimakasih

  2. Queeniza mengatakan:

    wah,,, critanya sangat creative sya minta ijin untuk download storynya ya..bwt tugas d skola..:)

  3. mbahbrata mengatakan:

    ya…ya…
    boleh2 az…
    tp hrs cantumin sumbernya ya cucuku…

  4. yaniealie mengatakan:

    Mbah Brata, kalau naska ini ditampilkan untuk UAS boleh apa tidak ?

    Dari Janny Kelas A Moestopo

  5. Janny mengatakan:

    Mbah Naskah Tersebut boleh apa tidak ditampilkan untuk bahan UAS ?

    Dari Janny M kelas A Moestopo

    • mbahbrata mengatakan:

      ya boleh sih boleh…tapi apa Cucu gak pingin buat naskah yang lebih baik lagi…
      naskah ini sekedar tuk inspirasi dan acuan az….aq yakin Cucu bisa buat yang jaug lebih baik…OK?

  6. baim mengatakan:

    Mkasih y, tolong maen ke blog Aq jg…

    • mbahbrata mengatakan:

      Lha blogmu ana ngendi lho…
      ya ditunjukin to…
      mbah kan dah tua…
      kalo nyari2 sendiri kadang bingung cucuku…

  7. abinawa mengatakan:

    ceritanya bagus bos!

  8. blacklist mengatakan:

    thank

  9. sella mengatakan:

    mau saya ambil , buat tugas basa jawa .
    hwkwkwk

  10. aya mengatakan:

    pak yang pakebhasa jawa ada gag?

  11. yunan mengatakan:

    mbok didamel sek saged kagem 7 wong matornuwon…………………

  12. nissa mengatakan:

    keren mbah nilai saya bagus . . .

  13. dE echie mengatakan:

    mbah.. izin copy ya..
    sebelumnya dan sesudahnya makasih ^^

  14. devi mengatakan:

    like this.. :)

  15. anjink lo mengatakan:

    caad semua tulisannya gajebo

  16. apply mengatakan:

    sangat bagus

  17. anin mengatakan:

    makshi mbahbrata, Q ngikut Copas wat tugasku…

  18. shodiq74 mengatakan:

    mbah brata terimaksih ya,,, artikel nya membantu bnget

  19. mohammad fajrian eko mengatakan:

    makasih ya mbah brata critanya , sudah bisa mmbantu saya

  20. taemmey mengatakan:

    maturnuwunnn..sangat membantu tugas bhs indonesia saya ! ^^

  21. evariezty mengatakan:

    i like this

  22. agrima diegsa mengatakan:

    mbah brata ceritanya bgus.
    sya copy bwt tgas sekolahnya.
    tpi mhon maaf jka nanti ada yang dikembangkan atau dignti sdkit bwat di prakte’innya..
    trimakasih sblumnya atas izinnya

  23. Adit D'Copetz Vandeant mengatakan:

    Mbah ijin Copast Buat Tugas Dik Sekolah Bhs.Indonesia
    Pelajaran Bhs.Indonesia Di SMP Laboratorium UM Sulit Sulit Mbah
    Berkat Ada Mbah Tugas2 Bsa Lancar Dech!!!!
    Thanks You Ya mbah (Bisa kan Bhs.Inggris Mbah)

  24. Vitta Fardhany mengatakan:

    mana bahsa jawanyaaaaaaaaaaaaaa

  25. ari mengatakan:

    mbah brata punya naskah drama berbahasa Jawa atau gak ya? kalau pnya mhon d share dong,, mkasih sblumnya

  26. naya mengatakan:

    makasi ..
    copast yah ..
    buat tugas !! hehehe

  27. ande mengatakan:

    Alhamdulillah… trima kasih pak Heru… moga saja naskah ini dpt kami perankan dgn baik….

  28. Www.Youtube.com mengatakan:

    Helpful information. Fortunate me I found your website accidentally, and I am shocked why this coincidence did not happened in advance!
    I bookmarked it.

  29. alfviina hanum mengatakan:

    Bagus”….

  30. alimashar s.pdi mengatakan:

    terimakasih bah

  31. www.kiwibox.com mengatakan:

    I was recommended this website by my cousin. I am not sure whether this post is written
    by him as nobody else know such detailed
    about my trouble. You are incredible! Thanks!

  32. seiskan tilaus mengatakan:

    I write a leave a response each time I especially enjoy a article on a website or I have
    something to valuable to contribute to the discussion.

    It is a result of the fire displayed in the article I looked at.
    And on this article Naskah Drama: Jaka Kendhil Mencari Cinta
    | Joglo Drama – Mbah Brata. I was excited enough
    to drop a thought :) I do have 2 questions for you if it’s allright. Is it only me or does it look like like a few of these remarks appear like they are coming from brain dead visitors? :-P And, if you are writing on additional online sites, I’d like
    to follow you. Could you make a list all of all your public pages like your
    twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  33. sandy iman mengatakan:

    ini termasuk teater apa ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s