Naskah Drama: “Benarkah Ini?”


Judul : Benarkah Ini?

Babak I : ORANG TUA ZHEINA HARUS PINDAH KE DESA UNTUK MELAKSANAKAN TUGASNYA SEBAGAI DOKTER. ZHEINA SANGAT SEDIH KARENA HARUS BERPISAH DENGAN TEMAN-TEMAN YANG SANAGT DISAYANGINYA

Adegan I (di halaman rumah Zheina)

INTRO (Hatiku Resah: Sherina)

Zheina duduk dengan ekspresi wajah sedih. Kemudian datang teman-temannya.

01 Murti : Zheina….Zheina….. kamu beneran mau pindah ke desa? Berarti sekolah kamu pindah juga donk?

02 Very : Wah….sepi nich ga ada kamu!!! Yach…..

03 Yeni : Jadi kamu bakal ninggalin kami donk?

(Teman-taman Zheina menjadi sangat sedih)

04 Zheina : Aku memang akan pindah ke desa, jadi aku harus pindah sekolah. Sebenarnya aku tidak ingin pindah sekolah. Apalagi pisah dengan kalian, sahabatku.

Ibu Zheina keluar, mengajak Zheina segera berangkat….

05 Ibu Zheina : Ayo kita berangkat nak…..nanti kemalaman.

06Murti : Jangan lupakan kami Zheina, kami akan slalu menunggumu untuk kembali ke sini.

07 Very dan Yeni :Iya……

08 Yeni : Kami menyayangimu.

09 Zheina : ” Aku juga menyayangi kalian semua. Selamat tinggal teman-teman. Aku pasti merindukan kalian.

10 Teman-teman : Selamat jalan…..

11 Very : ”Semoga kamu bisa bahagia dengan teman-teman barumu.

Akhirnya Zheina meninggalkan teman-temannya. Di tempatnya sekolahnya yang baru dia juga telah mendapatkan sahabat yang bernama Amelia.

Babak II : PAGI ITU ZHEINA PERGI KE SEKOLAH BARUNYA. WAJAHNYA BERSERI-SERI DAN DISELIMUTI KEBAHAGIAAN KARENA AKAN BERTEMU DENGAN TEMAN-TEMAN YANG BARU. NAMUN KASIHAN ZHEINA TIDAK MENGETAHUI AKAN BERTEMU DENGAN SEOARANG MURID JAHIL YANG ADA DI SEKOLAH ITU. NAMA ANAK ITU ADALAH SAMUEL RIZAL, DIPANGGIL SEM.

Adegan II (di halaman Sekolah)

INTRO( mandi pagi: Tkk)

12 Zheina : Wah…..aku senang sekali pagi ini.”(dengan berjalan riang)

13 Amelia : Kenapa Zhein?

14 Zheina : Hari ini, hari pertama aku masuk sekolahku yang baru.

Kemudian Zheina berkenalan dengan teman- teman yang baru ditemuiya.

ADUH…….KASIHAN ZHEINA….

DIA TIDAK TAHU KALAU DI SEKOLAHNYA YANG BARU ADA SEORANG MURID YANG JAHIL. NAMA ANAK TERSEBUT ADALAH SEM, SAMUEL RIZAL.

15 Sem : (dengan sikap yang sombong dan sok berkusa)Hay anak baru! Jangan sok yes ya…..

16 Zheina dkk :Heeeeh………. (Zheina dan teman – teman bersikap acuh tak acuh terhadap perlakuan SEM)

(Zheina sangat terkejut dengan perlakuan Sem yang terlihat sangat nakal dan menjengkelkan)

17 Sem : Blagu! Jangan mentang-mentang kamu anak kota lalu kamu bisa

bergaya seenaknya saja di sekolah ini. Iya kan teman-teman?

1Iicus, Ipik, Anto, Ana: (bersuara dengan kompak)Ya betuuuuuuuuuulll…..

19 Zheina : (penuh keheranan terhadap perlakuan Sem dkk) Kamu siapa?

20 Susi : (dengan suara yang lantang)”Semua anak di sini, tunduk sama Si

Boss…..

21 Zheina : Si Boss??? (sambil melirik teman-temannya)

22 Cerry, Memi, Iin, Amelia : Hahahahaha……..

23 Anto : (dengan wajah culunnya dan pengucapan kata yang sangat

Lambat)Sialan!!! Kita ditertawain bos…..

(Zheina, Amelia, Cerry, Memi, Iin, mengejek sambil menjulurkan lidah)

24 Zheina : Kalau berani……..niiiiiiiiii…….(menunjukkan kepalan tangan dan

menantang)

25 Ana : Lihat Sem! Dia berani ngelawan tuh!

26 Sem : (berusaha meyakinkan teman-temannya)”Tenang aja…… dia hanya

berlagak saja, sok berani.

27Ana : Lawan Boss……!!!! Masa’ kalah sama cewek? Dari tadi Boss diam saja.

28 Sem : OK……aku akan mengatasinya.

29 Cerry : Huh…..beraninya sama cewek!

30 Amelia :Iya tuh…..bener!!!!!!!!!!!!!……..

31 Iin : Katanya jagoan kok beraninya cuma ngelawan kita.

32 Zheina : Sudahlah…….,tidak usah kita ladeni. Anggap saja kentut.

33Cerry, Memi, Iin, Amelia : Bruuuuuuuut……!!!!!!!!

34 Ipik :Hei……beraninya ngatain kita kentut, wangi gini lho!

35 Amelia :Gendut! Jangan ikut-ikutan! Sana makan aja! Isi tu perut!

36 Ipik : Lho…….aku kok dikatain gendut? Sem…….mereka ngatain aku!

(dengan nada manja)

37 Sem : Udah…….cengeng kamu! malu-maluin aja.

38Icus : Iya tuh……jangan merengek-rengek terus. Kaya’………?( sambil mikir )

39 Zheina, Cerry, Memi, Iin, Amelia : Kaya’ cacing di perutnya

yach……..hahahahaha…….!!!!!

40 Ana : Kurang ajar!

41 Icus : Ualah…….no level! Capek deh.

42 Memi : Sok Inggris, gak usah gaya, pakek bahasa Inggris segala, padahal dapat sembilan tapi dibalik.

43 Zheina, Cerry, Iin, Memi, Amelia : Hahahaha……..donk….donk….donk….

44Ana : Huh, kalian tuh cuma blagu

45 Sem,Anto, Icus, Ipik, Ana : Sok……..tau, gak banget booo’……”(dengan suara yang kompak)

Zheina, Amelia, Cerry, Memy, Iin, Sem, Ipik, Anto, Ana, Icus, menyanyi lagu Jagoan (By : Sherina)

Adegan III(di halaman sekolah)

BEL TANDA PULANG TELAH BERBUNYI, ANAK-ANAK MENINGGALKAN SEKOLAH. TETAPI ZHEINA MASIH DUDUK TERMENUNG DI HALAMAN SEKOLAH. DIA MENCURAHKAN PERASAANNYA DALAM SEBUAH BUKUNYA.

INTRO : Akustik Gitar

Dear Diary……..

Ku ingin bercerita kepadamu

Tentangnya yang slalu…….. mengganggu diriku

Sejak itu hidupku jadi merana

Karena dia slalu…….. mengejek diriku

Entah apa yang dipikirnya

Ku tak tahu harus gimana?

Di hari-hariku selalu diganggunya

Tapi ku yakin dia pasti akan berubah

(tiba-tiba Sem datang ke sekolah untuk mengambi buku yang tertinggal dan dia bertemu Zheina yang sedang duduk di halaman sekolah dan terlihat sedang menulis).

45 Sem : (terheran melihat Zheina yang belum pulang)”Hei…. jutek! Kamu ngapain

kok belum pulang?

46 Zheina : Kamu sendiri ngapain?

47 Sem : Suka-suka gue donk! Mau tau aja.

48 Zheina : Ugh… males ngomong sama kamu. Pulang aja deh.

49 Sem : Terserah!

(mereka berdua saling memalingkan muka dan pergi berlawanan arah)

Adegan IV(di halaman sekolah)

TIDAK TERASA SUDAH SATU BULA ZHEINA DI SEKOLAH TERSEBUT, PAGI ITU ADALAH PAGI YANG SANGAT MENYENENANGKAN KARENA AKAN DIADAKAN REKREASI UNTUK KELAS V.

50 Icus :Duh kok lama ya bisnya………”(berjalan sambil melihat jam

ditangannya)

51 Anto : (membuntuti Susi terus)

Sem, Anto, Ipik, Icus, Ana, menyayikan lagu Bis Sekolah(By: Trio Kwek-kwek)

52 Zheina : (merasa tidak nyaman nyanyian mereka)Ngapain sich pake nyanyi?!

Gak penting…..!

53 Iin : ya tuh gak penting banget boouk…

54 Cerry :Bisnya datang tuh..

Kemudian terdengar Klakson Bis dan semuanya berlari riang menuju bis…

Babak III : AKHIRNYA MEREKA TIBA DISUATU TEMPAT YANG SANGAT INDAH, YAITU DI ALAM PEGUNUNGAN DAN DI TAMAN YANG PENUH DENGAN BUNGA, DIMANA JUGA TERHAMPAR SAWAH YANG LUAS. SUASANA SANGAT SEJUK NYAMAN DAN SANGAT MENYENAGKAN, SEMUA ANAK MENIKMATI PEMANDANGAN ITU.

Adegan V (di tempat rekreasi)

Zheina, Amalia, Memi, Iin, Lina….menyanyi lagu lihat kebunku (by:tkk)

Teman- tema Zheina meninggalkan Zheina bersama dengan Amelia. Mereka masih melihat- lihat pemandangan di sekitarnya.

55 Zheina :Mel, senang sekali jalan- jalan disini…..apalagi sama kamu sahabatku…

56 Amelia :Aku juga senang jalan- jalan bersamamu.

SAAT MENIKMATI PEMANDANGAN ALAM PEGUNUNGAN, MEREKA JUGA MELIHAT SAWAH DAN JUGA PARA PETANI YANG SEDANG MENANAM JAGUNG.

Agus, Della, Kholila, Wulan, Siti N, dan Ika menyanyi lagu Menanam jagung(AT.Mahmud)

57 Agus :Wah Buk……tanaman kita pasti akan tumbuh dengan baik.

58 Della : Jelas to pak….kemarin saja panen kita melimpah ruah.

59 Kholila : Iya mbak yu!! Desa kita kan tanahnya sangat subur.

60 Wulan :Ya iyalah mbakyu……masak ya iya donk…!

61 Kholila : kamu ini ko’ kenez to lan….lan…….

62 Ika dan Diroh : (menyiapkan makanan)

Zheina dan Amelia menyapa para petani yang ada diladang

Zheina dan Amelia : Slamat sore paman dan bibi……..

63 All petani : Sore juga nak…

64 Della : Kalian dari sekolah mana??

65 Amelia : Kami dari SD Suka Suka.

66 Agus : ”kalian baru datang ya to nak…

67 Zheina : Iya paman………..

68 Della : Ya sudah kalin hati- hati ya……….

69 Amelia : Da……. da…………!!!.

Amelia dan Zheina menyanyi ”desaku”(AT.Mahmud)

70 Amelia : Zhen…aku kesan dulu ya…

71 Zheina : Iya…aku disini saja.

Adegan VI(di tempat rekreasi)

Kemudain Sem datang……………

72 Sem :Aduh……….(memegang perut, dan kesakitan)

73 Zheina : Kamu kenapa Sem??(menghampiri Sem)

74 Sem : Heh……! pergi kamu !!!! janga memegangku….

75 Zheina :Aku hanya ingin menolonhmu Sem….(sambil melemparkan obat ke Sam lalu pergi)

Nih……..

SETELAH ZHEINA PERGI, SEM LANGSUNG MENGAMBIL OBAT ITU, DIA DALAM KEBIMBANGAN UNTUK MEMAKAI OBAT ITU APA TIDAK. DIA MEMBUANGNYA LALU MENGAMBILNYA…MEMBUANGNYA LALU MENGAMBILNYA DAN PERGI BEGITU SAJA.

Adegan VII (di tempat rekreasi)

Zheina dan teman- teman sedang bercanda dengan riangnya dan bermain di alam yang sangat sejuk itu.

76 Sem : Zheina….”( Sem datang menghampiri Zheina..)

77 Zheina : Ada apa Sem…….?! Aku gak pengen bertengkar sama kamu….!

78 Sem : Siapa juga yang ngajak kamu bertengkar…?! GR!!

Nih…..aku hanya ingin mengembalikan obat, sebenarnya aku

gak butuh kok

79 Zheina : Masih aja sombong….?! ih ngeri deh……..

80 Sem :Jutek kok terus…….,nih.!gak ku pakek kok ( sambil memberikan obat ketangan Zheina dengan memaksa)

Oh ya…..makasih, kamu baik sih tapi kita tetep musuhan

81 Zheina : Emm……OK!!!!”(denagn wajah jutek kemudian mengajak teman-

temannya pergi)

Zheina dan Sem sama-sama memalingkan mukanya..diikuti teman- teman mereka…..

Babak IV : ZHEINA MASIH TERLELAP DALAM TIDURNYA DAN ASYIK DALAM PETUALANGAN MIMPINYA, NAMUN ADA SUARA YANG MENGAGETKANNYA…..

AdeganVIII

82 Zheina : (tiba-tiba terbangun, kemudian berusaha menyadarkan

diri)

hah….benarkah Ini???….

Ternyata……….hanya mimpi……….”

All pemain menyanyi lagu Kembali ke Sekolah (by:sherina)

BEGITULAH……BETAPA INDAHNYA PERSAHABTAN, TANPA PERTENGKARAN DAN PERMUSUHAN.

MENCARI SERIBU MUSUH ITU LEBIH MUDAH DARI PADA MENCARI SEORANG TEMAN, OLEH KARENA ITU HARGAILAH PERSAHABATAN YANG TEAH TERJALIN…………………………….

2 Komentar (+add yours?)

  1. ardyan
    Jan 26, 2011 @ 10:53:24

    mbah,ad gx nskah drama yg pemainnya cowok smua???????

    Balas

  2. danendra
    Mar 19, 2011 @ 04:28:29

    gak da naskah yang laen nya,ya????????????///

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Sastra Mampu Membuka Mata Hati dan Mata Pikiran Kita, Karena Sastra Adalah Refleksi Kehidupan Kita

Sobo sak paran-paran

Ini blog-blogan ...

Garis Edar-ku

Blog tentang seputar aktivitas kerjaku

@ReeMekarsari

Buat Saya, "Bahagia itu Sederhana" -Ree-

@MaureenMoz

live is an adventure. enjoy the ride.

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Enrichissez-vous!

enrich yourselves

Joglo Drama - Mbah Brata

Seni memanusiakan manusia, menjadikan manusia lebih manusiawi

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: