Tentang Blog ‘Joglo Drama’


Blog WordPress ini menyajikan berbagai hal yang menyangkut drama, baik teori, praktik, program kerja, naskah-naskah drama, maupun hasil penelitian yang pernah saya lakukan.  Saya mengizinkan pemakaian tulisan-tulisan dalam blog ini sebagai acuan untuk pembelajaran drama khususnya di lingkup pendidikan dasar, menengah, maupun untuk studi di tingkat perguruan tinggi. Namun, dengan kerendahan hati saya mohon dapatnya mencantumkan sumber acuan ini di setiap penggunaan naskah/tulisan lazimnya pada penulisan pustaka. Terima kasih

Pemilik Blog

Heru Subrata

(Dosen PGSD FIP Unesa Surabaya}

36 Komentar (+add yours?)

  1. binyonyonyo
    Mei 13, 2009 @ 21:59:13

    Mbah Brata salam kenal, nama saya binyo… kebenaran saya suka sekali dengan teater, dan saya paling suka dengan pementasan teater yang berbau-bau komedi gitu… (ga termasuk bau badan Mbah lho… uuuffhh hehe pissssss)

    Kebenaran sekarang saya aktif di sanggar teater kampus
    (TEATER UNGGUN USNI, JAKARTA)
    Jadi mohon diperkenankan kami dari TEATER UNGGUN yang msih mentah ini (buah kale’… he) untuk mementaskan karya2 mbah…
    oce mbah!!!??? boleh yaaaaaa…???

    Ateng bawa kayu ma gitar
    tengkyu jjjrrrrenggggg

    Balas

    • mbahbrata
      Mei 21, 2009 @ 14:23:25

      Teruskan berteater, milikilah kemauan tuk sll berkreasi di dunia teater, krn teater mengajarkan kita ttg kehidupan

      Balas

    • MARIO
      Mar 22, 2011 @ 13:38:52

      assalamu’alaikum………..
      sekali-kali update naskah dramanya di buat bahasa inggris donk
      bisa nggak klo hari-hari ini minta contoh drama dalam bentuk bahasa inggris dengan 5 orang pemain …………
      trimakasih…..
      by : mario

      Balas

  2. Abdul Cholik
    Jun 14, 2009 @ 21:49:33

    -Maju terus dengan drama dan theatre pak.
    -salam kenal

    Balas

    • mbahbrata
      Jun 15, 2009 @ 12:53:44

      Makasih…mg2 dg melalui drama bisa menyadarkan kita ttg hakekat hidup manusia. Karena apa yg ada pd drama adalah cerminan hidup manusia pada umumnya.

      Balas

  3. ari k
    Okt 18, 2010 @ 15:16:43

    kalo masalah drama sandiwara kayaknya semua mahasiswa di pgsd jagonya . .pak. . .. . .gak erlu di poles lagi. . bisa brubah. . jadi karakter pa saja. . laen dari dirinya sendiri. . . alias pake topeng semua. . . suwun

    Balas

  4. mbahbrata
    Okt 18, 2010 @ 22:16:13

    Wah2wah…ya perlu dibuktikan donk…main drama tuh miturut pengalaman Mbah tidak semudah yang Ari kira lho…kelihatannya kalo kita lihat orang main drama tuh memang mudah cuma gitu thok az…tapi coba nglakuin sendiri….Mbah pingin lihat Ari bisa nggak…
    oleh karenanya mutlak latihan, biarpun aktor/aktris senior skalipun…

    Balas

  5. Dewi Widiana
    Okt 19, 2010 @ 15:26:58

    Bermain drama itu menyenangkan tp ternyata tdk semudah yg sy bayangkan…untuk paham peran ternyata latihannya lmyn jg…yg penting latihan mental dulu….^_^

    Balas

    • mbahbrata
      Nov 22, 2010 @ 19:06:25

      yA iyalah….
      latihan keras…
      sering nonton pementasan drama…
      sering2 baca naskah or ilmu drama…dan
      sering2 membaca kehidupan…
      dengan segala kelebihan dan kekurangannya…
      met berlatih…

      Balas

  6. agung
    Okt 23, 2010 @ 10:25:33

    Pak saya mau tanya bagaimana cara kita untuk menjiwai peran yang bertolak belakang dengan karakter kita yang sesungguhnya?

    Balas

    • mbahbrata
      Okt 23, 2010 @ 13:30:46

      Justru itulah tantangannya…makanya untuk dapat menjadi aktor/aktris drama harus melalui pelatihan dasar, dan harus tekun tentunya..

      Balas

  7. Haryono
    Okt 24, 2010 @ 00:26:57

    Ass. Wr. Wb
    Mas Heru, panjenengan apa pirsa buku buku “Kalangwan” karangane Zudmulder? yen prisa aku kudu tuku menyang toko ngendi? Aku perlu banget lan pengen duwe buku kasebut. Tulung ya mas yen pirsa aku nyuwun alamate toko sing dodol buku kasebut.
    Wss. Wr.Wb

    Balas

    • mbahbrata
      Okt 24, 2010 @ 01:54:28

      Durung ngerti Dik, awit aku uga wis suwe ora gepok senggol buku iku, ananging coba mengko dak golekke informasine, yen wis jelas dak kabarke ya…
      Sepurane…

      Balas

  8. retno siswati
    Okt 30, 2010 @ 06:45:37

    ass..
    bapak boleh minta video dramany???kakak saya yang butuh untuk mengajar materi drama.kakak saya guru bhs.indo…suwun..

    Balas

  9. dedi
    Nov 13, 2010 @ 07:17:06

    salam kenal dan salam budaya mbah, kenalkan saya dari Teater Lawas Univ PGRI Palembang. Mbah kita mhon izin untuk menggarap naskahnya mbah “Jaka Kendil Mencari Cinta”. salam budaya dan terima kasih

    Balas

  10. dwi supriadi
    Nov 13, 2010 @ 15:41:41

    salam kenal pak adanya blog bapak yang baru diberikan bisa menambah wawasan tentang bahasa indonesia,drama dan bahasa daerah sehingga dapat dibuat acuan dalam pembelajaran

    Balas

    • mbahbrata
      Nov 22, 2010 @ 19:11:16

      Salam kenal balik…
      Alhamdulillah kalo dpt membantu dalam pembelajaran sastra cu…
      mg2 jg sll bermanfaat…

      Balas

  11. dwi supriadi
    Nov 13, 2010 @ 15:43:39

    apa diperbolehkan memakai naskah dramanya pak thanks.

    Balas

  12. supartiningsih
    Nov 14, 2010 @ 13:12:30

    makasih pak cari naskah drama lebih mudah di blog bapak

    Balas

  13. supartiningsih
    Nov 14, 2010 @ 13:13:29

    salam kenal dari mustopo ya pak

    Balas

  14. vyra
    Feb 19, 2011 @ 08:15:57

    mbah ada naskah drama bahasa jawa ga??

    Balas

  15. oyonk.unstrat.paks
    Apr 07, 2011 @ 09:41:55

    salam kenal ya pak….saya ario dari PAKS(persepsi, apresiasi, kreasi, seni) smkn 2 depok sleman yogyakarta….saya senang sekali dengan teater..bahkan di sekolah kami juga punya organisasi yaitu PAKS..yang bergerak dalam bidang seni teatrikal juga seni karawitan…em..melihat dan membaca naskah bapak yag keon madu vs keong racun itu …kami menjadi tertarik untuk mementaskannya..?
    emm…kami mau tanya..apakah kami boleh mementaskan drama dengan jdul diatas dalam program kerja kami yaitu “pagelaran tunggal”/”pagelaran perdana”….terima kasih..kami hanya ingin memnta izin kepada bapak tentang semua itu..atas perhatiannya kami ucapkan trima kasih..

    Balas

    • mbah brata
      Nov 09, 2011 @ 00:46:12

      Silakan, saya justru mendorong pada pekerja teater untuk saling berbagi dalam ilmu teater…
      untuk naskah2 di blog ini boleh dipentaskan, tp saya mohon untuk dicantumkan sbg referensi di katalog ya…Selamat berpentas..

      Balas

  16. romlah
    Nov 13, 2011 @ 13:26:40

    assalamualaikum….,
    apa ada video hasil pementasan drama yg bisa di simak di blog “joglo drama” mbah?????
    maturnuwun,,,,

    Balas

  17. Headbangaz
    Mei 18, 2012 @ 09:36:58

    assalamualaikum….
    mbah punya naskah dalam bahasa sunda gak ?

    Balas

  18. tri ayu rokimah_C 2010_091644344
    Apr 01, 2013 @ 13:52:26

    terima kasih bapak atas contoh naskah dramanya.
    bagus sekali bisa diambil untuk mengerjakan tugas bahasa nich untuk pementasan drama. dan saya bisa membantu adik saya yang masih sekolah jika membutuhkan contoh naskah drama.

    Balas

  19. fitri
    Mei 13, 2013 @ 22:41:05

    saya seneng bget ma crita keong madu vs keong racun trsebut..cz crita nya selain lucu juga menarik.
    jempol dhe pkoknya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Sastra Mampu Membuka Mata Hati dan Mata Pikiran Kita, Karena Sastra Adalah Refleksi Kehidupan Kita

Sobo sak paran-paran

Ini blog-blogan ...

Garis Edar-ku

Blog tentang seputar aktivitas kerjaku

@ReeMekarsari

Buat Saya, "Bahagia itu Sederhana" -Ree-

@MaureenMoz

live is an adventure. enjoy the ride.

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Enrichissez-vous!

enrich yourselves

Joglo Drama - Mbah Brata

Seni memanusiakan manusia, menjadikan manusia lebih manusiawi

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: